Teknik Dasar Pengkabelan

Pujangga Blogs

11 October 2009

Teknik Dasar Pengkabelan

Kadang pengkabelan dalam jaringan masih dianggap masalah sepele untuk beberapa orang; Pembedaan pengkabelan untuk koneksi PC to PC; dan PC to Hub/Switch berbeda jauh.
Untuk yg masih awam dalam hal teknologi jaringan; hal ini tentu saja membingungkan.

Sekadar berbagi ilmu+pengetahuan untuk para Blogger, semoga saja berguna.
Dalam dunia networking, dikenal beberapa jenis kabel yang sering digunakan. Setiap jenis kabel mempunyai kemampuan dan spesifikasinya yang berbeda, oleh karena itu dibuatlah pengenalan tipe kabel. Ada dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair (UTP unshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan coaxial cable.
Gambar dibawah ini merupakan tipe kategori kabel yang digunakan dalam jaringan (cable category).



Gambar 1. Kategori Kabel
Pemberian kategori 1/2/3/4/5/6 merupakan kategori spesifikasi untuk masing-masing kabel tembaga dan juga untuk jack. Masing-masing merupakan seri revisi atas kualitas kabel, kualitas pembungkusan kabel (isolator) dan juga untuk kualitas “belitan” (twist) masing-masing pasang kabel. Selain itu juga untuk menentukan besaran frekuensi yang bisa lewat pada sarana kabel tersebut, dan juga kualitas isolator sehingga bisa mengurangi efek induksi antar kabel (noise bisa ditekan sedemikian rupa).
Sedangkan untuk coaxial cable, dikenal dua jenis, yaitu thick coaxial cable (diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable (diameter lebih kecil).
Thick coaxial cable (Kabel Coaxial “gemuk”) dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE 802.3 10BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameter rata-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning; kabel jenis ini biasa disebut sebagai standard ethernet atau thick Ethernet, atau hanya disingkat ThickNet, atau bahkan cuman disebut sebagai yellow cable.
Thin coaxial cable (Kabel Coaxial “Kurus”), banyak dipergunakan di kalangan radio amatir, terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. Untuk digunakan sebagai perangkat jaringan, kabel coaxial jenis ini harus memenuhi standar IEEE 802.3 10BASE2, dimana diameter rata-rata berkisar 5mm dan biasanya berwarna hitam atau warna gelap lainnya. Setiap perangkat (device) dihubungkan dengan BNC T-connector. Kabel jenis ini juga dikenal sebagai thin Ethernet atau ThinNet.

Twisted Pair
Pengkabelan Twisted Pair menggunakan sebuah modul Rregistered Jack (RJ) yang disebut RJ-45. Hal yang perlu dipahami adalah untuk memastikan bahwa, kita menghubungkan warna yang tepat pada pin RJ-45 yang tepat. Dan RJ-45 dengan arah menghadap kedepan. Terdapat beberapa konsensus yang mengatur urutan pemasangan kabel, yaitu : 568A, 568B atau 258A. Semuanya merupakan konsensus yang menjelaskan, kabel mana harus pergi ke pin yang mana.


Gambar 2.
Untuk urutan kabel disamping adalah standar yg digunakan secara umum; tapi kita bisa juga melakukan pengurutan kabel sesuai dengan keinginan kita; tentu saja konsekwensi-nya jika terjadi permasalahan yg terjadi pada jaringan akan menyulitkan kita, karena kita membuat standar pengkabelan tersendiri.

Standar 568A (Standar ini juga sesuai dengan standar Northern Telecom pada ISDN.)


Gambar 3. Kabel Standar TIA 568A
Standar yg biasa digunakan untuk koneksi PC to Hub / Switch.
 







Gambar 4. Kabel Standar TIA 568B

Kemudian Standar untuk koneksi PC to PC dan PC to Hub, mengenal adanya Straight Cable dan Cross Cable.
Straight Cable
Biasanya digunakan untuk koneksi PC to PC, standar yg digunakan adalah TIA568A, dimana kedua ujungnya menggunakan model seperti gambar 3.

Cross Cable
Sedangkan Cross Cable digunakan untuk koneksi PC to PC. Satu ujungnya memiliki urutan standar T568A dan ujung yang satunya menggunakan standar T568B.


Gambar disamping ini mungkin lebih bisa menjelaskan perbedaan antara cross link dengan straight link connection




Click the image to open in full size.


Bersambung.....
Thx To:uqi_oke

Member Of Forum Djawir

1 comments:

Dian_Opreks said...

:37 sambungannya mana om............:44


Post a Comment

:11
smiley
:12
smiley
:13 smiley :14
smiley
:15
smiley
:16
smiley
:17
smiley
:18
smiley
:19
smiley
:20
smiley
:21
smiley
:22 smiley :23 smiley :24
smiley
:25
smiley
:26
smiley
:27
smiley
:28
smiley
:29
smiley
:30
smiley
:31
smiley
:32
smiley
:33 smiley :34
smiley
:35
smiley
:36
smiley
:34
smiley
:38
smiley
:39
smiley
:40
input code is in the right smile icon image

Silahkan tinggalkan komentar anda dan harap tidak melakukan Spam..!!

Pujangga Blogs

administratorSeandainya segala sesuatu yang telah saya berikan ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua.Sungguh saya ucapkan banyak Doa dan terimakasih kepada Mu Allah.SWT yang telah memberikan nikmat Berbagi sesama manusia dengan niat kebaikan dan kemajuan Negeriku ini..

the existence of this blog aims to broaden the information about web design by studying the parts of the structure of the html code for the beginner. Here also you can get the latest info about the entertainment media, affiliate programs etc.

Recent post


Download Free Movie


Pujangga Blogs Head News

Mengubah ILM ads google Untuk mengganti tampilan adsense google yang menampilkan Iklan Layanan Masyarakat tersebut dengan adsense lokal. Anda harus mengupload script adsense lokal dengan extensi html kelayanan webhosting anda.
Recent comment dengan efek overlay menu Following cursorBagi anda yang mempunyai keterbatasan ruang untuk meletakan widget Recent Comments, Saya akan mencoba membantu anda untuk membuat "Widget Recent comments" dengan efek overlay.
Membuat Guestbook Overlay fading headerEfek yang akan saya bahas kali ini adalah membuat tampilan Guestbook dan status twitter melayang dan berada ditengah - tengah halaman blog. Kita akan menyediakan menu guestbook pada sisi kiri halaman.
Membuat Headline Post widget tooltipsHeadline akan menggulung ke atas dengan sentuhan fade out ,seakan konten tersebut hilang dengan perlahan dan konten yang berada di bawahnya akan naik ke atas mengganti konten sebelumnya.
Membuat Number Page Navigation jQueryUmumnya Navigasi halaman dengan angka ini sering kita jumpai pada blog berplatform Wordpress. Namun bagi anda yang menggunakan platform Blogspot tak perlu berkecil hati, karena blogspot pun bisa mengadopsi tampilan NEXT dan PREV dengan widget Page Navigation Number.
Kode adsense didalam post menu navigasiUntuk meletakan Adsense didalam postingan, anda harus meletakan kode Script ads tersebut langsung ke template HTML blogspot. Sebagai langkah awal, silahkan anda login ke blogger.com » Dasboard »Design » Edit HTML » Beri tanda ceklist pada kolom .
1 2 3 4 5 6

Enter your email address:




review www.pujangga-adhitya.blogspot.com on alexa.com

free counters
 

Followers

Live Blog Stats

Recent Comment