Mengintip Cara Kerja Google Page Rank

Pujangga Blogs

27 June 2009

Mengintip Cara Kerja Google Page Rank


PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Cara kerja
Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Konsep
Banyak cara digunakan search engine dalam menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity, sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

PageRank, memiliki konsep dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Algoritma
Dari pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :

Algoritma awal
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu alogtima lain yang dipublikasikan
PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)

Dari algortima diatas dapat dilihat bahwa pagerank ditentukan untuk setiap halaman anda bukan keseluruhan situs web. Pagerank sebuah halaman ditentukan dari pagerank halaman yang mengacu kepadanya yang juga menjalani proses penentuan pagerank dengan cara yang sama, jadi proses ini akan berulang sampai ditemukan hasil yang tepat. Akan tetapi pagerank halaman A tidak langsung diberikan kepada halaman yang dituju, akan tetapi sebelumnya dibagi dengan jumlah link yang ada pada halaman T1 (outbound link), dan pagerank itu akan dibagi rata kepada setiap link yang ada pada halaman tersebut. Demikian juga dengan setiap halaman lain “Tn” yang mengacu ke halaman “A”. Setelah semua pagerank yang didapat dari halaman-halaman lain yang mengacu ke halaman “A” dijumlahkan, nilai itu kemudian dikalikan dengan damping factor yang bernilai antara 0 sampai 1. Hal ini dilakukan agar tidak keseluruhan nilai pagerank halaman T didistribusikan ke halaman A.

Random surfer model
Random surfer model merupakan pendekatan yang menggambarkan bagaimana sesungguhnya yang dilakukan seorang pengunjung di depan sebuah halaman web. Ini berarti peluang atau probabilitas seorang user mengklik sebuah link sebanding dengan jumlah link yang ada pada halaman tersebut. Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju, melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada halaman tersebut. Rasanya semua juga menganggap ini adil. Karena bisa anda bayangkan apa jadinya jika sebuah halaman dengan rangking tinggi mengacu ke banyak halaman, mungkin teknologi pagerank tidak akan relevan digunakan.

Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web. Oleh karena itu pagerank menggunakan damping factor untuk mereduksi nilai pagerank yang didistribusikan sebuah halaman ke halaman lain. Probabilitas seorang user terus mengkilk semua link yang ada pada sebuah halaman ditentukan oleh nilai damping factor (d) yang bernilai antara 0 sampai 1. Nilai damping factor yang tinggi berarti seorang user akan lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman lain. Setelah user berpindah halaman maka probabilitas diimplemntasikan ke dalam algoritma pagerank sebagai konstanta (1-d) . Dengan mengeluarkan variable inbound link (link masuk), maka kemungkinan seorang user untuk berpindah ke halaman lain adalah (1-d), hal ini akan membuat pagerank selalu berada pada nilai minimum.

Dalam algoritma pagerank yang lain, terdapat nilai N yang merupkan jumlah keseluruhan halaman web, jadi seorang user memiliki probabilitas mengunjungi sebuah halaman dibagi dengan total jumlah halaman yang ada. Sebaagai contoh, jika sebuah halaman memiliki pagerank 2 dan total halaman web 100 maka dalam seratus kali kunjungan dia mengunjungi halaman itu sebanyak 2 kali (catatan, ini adalah probabilitas).






sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Page_Rank

2 comments:

KotaTahuku on June 27, 2009 at 3:20 PM said...

:24 artikelnya bagus tp aq msh bingung nech.. maklum newbie....

Pujangga on June 27, 2009 at 4:26 PM said...

Boleh bingung asal jangan kebingungan yah sob :15


Post a Comment

:11
smiley
:12
smiley
:13 smiley :14
smiley
:15
smiley
:16
smiley
:17
smiley
:18
smiley
:19
smiley
:20
smiley
:21
smiley
:22 smiley :23 smiley :24
smiley
:25
smiley
:26
smiley
:27
smiley
:28
smiley
:29
smiley
:30
smiley
:31
smiley
:32
smiley
:33 smiley :34
smiley
:35
smiley
:36
smiley
:34
smiley
:38
smiley
:39
smiley
:40
input code is in the right smile icon image

Silahkan tinggalkan komentar anda dan harap tidak melakukan Spam..!!

Pujangga Blogs

administratorSeandainya segala sesuatu yang telah saya berikan ini bermanfaat bagi rekan-rekan semua.Sungguh saya ucapkan banyak Doa dan terimakasih kepada Mu Allah.SWT yang telah memberikan nikmat Berbagi sesama manusia dengan niat kebaikan dan kemajuan Negeriku ini..

the existence of this blog aims to broaden the information about web design by studying the parts of the structure of the html code for the beginner. Here also you can get the latest info about the entertainment media, affiliate programs etc.

Recent post


Download Free Movie


Pujangga Blogs Head News

Mengubah ILM ads google Untuk mengganti tampilan adsense google yang menampilkan Iklan Layanan Masyarakat tersebut dengan adsense lokal. Anda harus mengupload script adsense lokal dengan extensi html kelayanan webhosting anda.
Recent comment dengan efek overlay menu Following cursorBagi anda yang mempunyai keterbatasan ruang untuk meletakan widget Recent Comments, Saya akan mencoba membantu anda untuk membuat "Widget Recent comments" dengan efek overlay.
Membuat Guestbook Overlay fading headerEfek yang akan saya bahas kali ini adalah membuat tampilan Guestbook dan status twitter melayang dan berada ditengah - tengah halaman blog. Kita akan menyediakan menu guestbook pada sisi kiri halaman.
Membuat Headline Post widget tooltipsHeadline akan menggulung ke atas dengan sentuhan fade out ,seakan konten tersebut hilang dengan perlahan dan konten yang berada di bawahnya akan naik ke atas mengganti konten sebelumnya.
Membuat Number Page Navigation jQueryUmumnya Navigasi halaman dengan angka ini sering kita jumpai pada blog berplatform Wordpress. Namun bagi anda yang menggunakan platform Blogspot tak perlu berkecil hati, karena blogspot pun bisa mengadopsi tampilan NEXT dan PREV dengan widget Page Navigation Number.
Kode adsense didalam post menu navigasiUntuk meletakan Adsense didalam postingan, anda harus meletakan kode Script ads tersebut langsung ke template HTML blogspot. Sebagai langkah awal, silahkan anda login ke blogger.com » Dasboard »Design » Edit HTML » Beri tanda ceklist pada kolom .
1 2 3 4 5 6

Enter your email address:




review www.pujangga-adhitya.blogspot.com on alexa.com

free counters
 

Followers

Live Blog Stats

Recent Comment